6.12.13

Download Kitab Bidayat Al hidayah Imam Al Ghazali

 Kitab BIDAYATUL HIDAYAH karya ulama besar Abu Hamid Muhammad al-Ghazali (w. 1111 M) ini banyak disebut-sebut sebagai mukadimah Ihya Ulumuddin, karya Terbesar beliau yang sangat monumental itu.

Kitab ini membahas proses awal seorang hamba mendapatkan hidayah dari Allah Ta'ala, dimana sang hamba sangat membutuhkan pertolongan dan bimbingan dari-Nya. Juga menjelaskan seputar halangan (pasif) maupun rintangan (aktif) yang tersebar di sekitarnya, yaitu ketika sang hamba berusaha untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta, melalui tata cara dan adab yang benar.


Kitab ini secara garis besar berisi tiga bagian. Yakni bagian tentang adab-adab ketaatan, bagian tentang meninggalkan maksiat, dan bagian tentang bergaul dengan manusia, Sang Maha Pencipta dan dengan makhluk lainnya. Menurut al-Ghazali, jika hati kita condong dan ingin mengamalkan apa-apa yang ada di buku ini, maka berarti kita termasuk seorang hamba yang disinari oleh Allah dengan cahaya iman di dalam hati.


يعبر الكتاب بصاحبه إلى الطريق الهداية والفلاح ، فهو بحق بداية للخير وهداية إلية ، يرشد الطالبين وينير الطريق أمام السالكين ، فيتناول آداب الاستيقاظ ودخول الخلاء والوضوء والغسل والتيمم وآداب الصلاة والإمامة والصيام ، والقول في معاصي القلب وغيرها من الموضوعات الكثير والكثير ، ويفيد الكتاب بمعارفه ومضامينه المبتدئ والمتبحر في العلوم ، فهو من الكتب التي تلقتها 
 الأمة بالقبول نظرا لعظيم نفعه وشأنه في تناوله للمعارف والعلوم


 FILE PDF KITAB BIDAYAT AL HIDAYAH IMAM AL GHAZALI
KLIK DOWNLOAD
www.ghazali.org/books/m_bidyat-hidyah-darwish-98.pdf

11 komentar :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...