5.11.13

SHOLAWAT AFDHOL & PALING RINGKAS



Imam asy-Sya’rani berkata: “Rasulullah Saw pernah bersabda: "Barangsiapa membaca shalawat ini, maka ia telah membuka tujuh puluh pintu rahmat untuk dirinya dan Allah akan menitipkan cinta-Nya pada hati manusia sehingga mereka tidak akan marah kepadanya, kecuali orang yang menyimpan kemunafikan di dalam hatinya.”

Guru kami yaitu ‘Aliya al-Khawash berkata: “Hadist ini, beserta hadist sebelumnya, yaitu sabda Nabi Saw: "Paling dekatnya salah seorang kamu kepadaku adalah pada saat ia mengingatku dan membacakan shalawat untukku", kami riwayatkan dari sebagian ahli ma’rifat, dari al-Khidhr as, dari Rasulullah Saw. Dua hadis ini menurut kami berkualitas shahih dengan derajat keshahihan tertinggi, meskipun para ahli hadist tidak berani menetapkan kesahihannya karena rumitnya istilah yang mereka pergunakan, wallahu a’lam.

Adapun yang menguatkan pendapat ini adalah sebuah hadist yang dikutip oleh as-Sakhawi dari Majd al-Din al-Fairuz Abadi, penulis kamus terkenal, dengan menyandarkan sanad kepada Imam as-Samarqandi. Ia berkata: “Saya mendengar Qidhr dan Nabi Ilyas as berkata: Kami mendengar Rasulullah Saw bersabda: "Tidak seorang pun yang membaca Shallallahu ‘Ala Muhammad (Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Muhammad), kecuali bahwa manusia akan mencintainya walaupun sebenarnya mereka membencinya. Demi Allah, mereka tidak akan mencintainya kecuali setelah Allah ’azza wa jalla mencintai dia.” Dan kami pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda dari atas mimbar: ”Barangsiapa membaca shalawat ini maka ia telah membuka tujuh puluh pintu rahmat untuk dirinya.”

Shalawat ini ringkas, sehingga dapat diamalkan dengan cepat dan mudah, di manapun, dan kapanpun, sebanyak-banyaknya.
SHOLALLAHU A'LA MUHAMMAD

Artinya: ”Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Muhammad”

Al-Hafidz as-Sakhawi juga menukil sebuah hadis dengan sanad tersebut bahwa Imam as-Samarqandi mendengar Khidhr dan Nabi Ilyas as berkata: “Adalah pada bani Israil seorang Nabi yang bernama Samuel. Dia dikaruniai kekuatan untuk mengalahkan musuh. Pada suatu hari ia pergi berangkat untuk menghancurkan musuh agamanya. Mereka (musuh-musuhnya) berkata: “Orang ini adalah seorang penyihir; ia datang untuk mengelabui mata kita dan mencerai-beraikan pasukan kita, maka hendaklah kita mengajaknya ke tepi pantai, lalu kita menghancurkannya. ”Maka berangkatlah ia bersama empat puluh orang pasukan memenuhi tantangan mereka untuk bertempur di tepi pantai. Teman-temannya berkata: ”Apa yang akan kita perbuat?” “Majulah, dan bacalah: Shallallahu ‘Ala Muhammad !” kata Samuel. Mereka pun menuruti nasehatnya; maju dengan membaca shalawat. Keadaan menjadi berbalik sama-sekali; merekalah yang terdesak ke laut dan tenggelam ditelan ombak, semuanya tewas, tidak ada yang tersisa.”

As-Sakhawi juga meriwayatkan bahwa suatu hari, seorang penduduk negeri Syam datang menghadap Rasulullah Saw seraya berkata, "Ya Rasulullah, ayah saya sudah sangat tua, namun beliau ingin sekali melihat Anda.", Rasulullah Saw menjawab, "Bawa dia kemari!", Orang itu berkata, "la buta, tidak bisa melihat.", Rasulullah lalu bersabda, "Katakanlah kepadanya supaya ia mengucapkan Shallallahu 'Ala Muhammadin selama tujuh minggu setiap malam. Semoga ia akan melihatku dalam mimpi dan dapat meriwayatkan hadist dariku.". Anjuran Rasulullah itu dituruti oleh orang tersebut. Benar saja, ia pun kemudian melihat Nabi Saw dalam tidurnya, dan hadist ini diriwayatkan olehnya.


Wallahu A’lam. Wassalam


Afdhal as-Shalawat ‘ala Sayyid as-Sadat, oleh Yusuf ibn Ismail an-Nabhani, versi terjemah: Bershalawat untuk Mendapat Keberkahan Hidup, Muzammal Noer, Mitra Pustaka 2003.

Jemputan artikel : http://nurulmakrifat.blogspot.com/2013/06/shallallahu-ala-muhammad-shalawat.html

9 komentar :

  1. sholawat ini abtar(terputus) dr kita,sampai kita mendapat lisensi/ijazah dari yg berhak memberikan ijazah!

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah Kami Menerima Ijazah Sholawat Ini Dalam Thariqoh Junaidi Al Bagdadi

    BalasHapus
  3. sholawat ini umum silahkan , abah luthfi menganjurkan tiap malam 300 kali. umum dan aman dan tidak terputus walau sbanyak2 Nya dibaca ! monggo ,ajak semua > shollaLloohu 'alaa muhammad

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum, saudara q seiman shalawat adlah bentuk dari kecintaaan umat pd rasul nya, seindah sanjungan yg kt berikan akan di balas rasulullah dg blsn yg sepadan pula. beliau sngt penyayang dn penyantun mengapa kt enggan memuji beliau, yg sdh jelas mengasihi umatnya, dunia dan akhirat kelak ,mari saudara q bersama sama kt belajar lebih dalam membuka pintu mahabah pd nya.slh dn khilaf mhn mf.

    BalasHapus
  5. Ini sholawat recommended , di amalkan oleh para aulia dan para leluhur.semoga kita selalu di beri keberkahan , keselamatan , amalkan lah sodara sodara ku sekalian.

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum...Saudaraku
    BOLEHKah amalan ini,di amalkan orang awan seperti saya .
    Mohon jawabanya
    Terimakasih.

    BalasHapus
  7. Sholawat adalah sebuah amalan yg boleh di amalkan oleh siapa saja, dan sholawat adalah salah satu amalan yg tak akan tertolak, amin

    BalasHapus
  8. Mohon ijazahnya utk mengamalkan..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Google+ Followers

Mengenai Saya

Foto Saya

Kami Adalah Manusia Yang di Lahirkan Dalam Keadaan islam Dan mengharaf Ridha allah dan Syafa'at Rasulullah Saw, Di matikan Dalam Keadaan ISLAM, IMAN,DAN IHSAN.