20.9.13

DZIKIR JAHAR MENEMPA PERJALANAN JIWA

DZIKIR JAHAR MENANGGALKAN 70.000 BEBAN(bidayatus salikin)
DALAM MELAKUKAN DZIKIR JAHAR , JIWA ( BATIN ) KITA AKAN DIBAWA KEDALAM ENAM KEADAAN.
KEADAAN YANG DIMAKSUD ADALAH BERDASARKAN TINGKATANYA DARI SATU SAMPAI ENAM.

 1.IJTIMA’I SATATI QOLBI SHOHIBIHI
yaitu mengumpulkan terpecahnya ingatan hati manusia yang sedang berdzikir.Gerakan hati manusia sehari semalam adalah 70.000 gerakan silih berganti, maka yang tak bisa mensikapinya jiwanya akan lelah dibawa kesana kemari oleh gerakan hatinya.
Contohnya dalam sholat :apabila kita sedang sholat terasa dalam hati melirik kepada selain alloh.Namun yang tahu akan hal ini dia akan segera mengistirahatkan hatinya tinggal satu gerakan yaitu hanya alloh yang ada.Sehingga sholatnya menimbulkan efek samping sebagai tempat istirahat jiwa yang lelah karena beban 70.000 gerakan hati. Apabila masih kesulitan mengendalikan gerakan hatinya maka sebaiknya melatih dzikir sesudah sholat.
“maka apabila kamu telah menyelesaikan sholatmu,ingatlah alloh”(an nisa 103).


2.HIMMATUN ‘ALIYAH.
membuat tinggi cita citanya dalam menjalankan ibadah kepada alloh.Jelasnya dalam menghadapi segala problem tidak mudah putus asa dari rahmat alloh,selalu ada harapan/himmah yang kuat kepada alloh.

3.ANISUL MUTAWAHIS
menjinakan perkara diri yang sering kali liar.Contohnya menggantikan sesuatu yang liar dengan diganti ibadah sunah.

4.JARRUL KHOIR.
yaitu menarik kebaikan.artinya mengajak pribadi dan orang lain untuk berbuat kebaikan.

5.KHOTROTUS SAMAWIYYAH.
artinya kabar dari langit.Tanda tandanya ada kabar dari langit(belum tentu bisikan,tapi kabar gembira bagi kita akan janji alloh) bulu kuduk berdiri diiringi rasa gentar, terasa sedih tak tahu yang disedihkan,air mata meleleh namun hati bahagia.Tapi bukan menangis karena persiapan dibuat suasana hati menjadi sedih,namun timbul sendiri kadang susah untuk mengulangi di lain hari.itulah rahmat alloh bagi hambanya yang dekat dengaNYA(alloh memberi tanda sebagai kabar gembira).

6.MIFTAHUL GHAIB.
Terbukanya sesuatu yang samar.Untuk mengetahui perkara yang samar memang tidak mudah.Dibukakanya perkara yang samar ada yang langsung dari alloh berupa ilham tanpa kata tanpa suara tanpa huruf, suatu kepahaman, pengertian ilmu yang datang secara tiba tiba.
Ada pula perkara yang samar yang datang melalui perantara makluknya,dalam hal ini perlu ekstra hati hati karena setan dan malaikat dua duanya bisa menyerupai apa saja.
Syeh abdul qodir jailani membedakan tanda tandanya:
Setan menuntunya kearah penyelewengan baik secara samar maupun terang terangan.
Malaikat menunjukan jalan munjiah yaitu jalan keselamatan dunia dan akhirat.

2 komentar :

  1. Maaf tanya. Apa perbedaan dari Dzikir Jahar dengan Dzikir Sirr

    BalasHapus
  2. zikir jahar dibaca kuat dgn lisan.zikir sirr dengan hati tanpa suara

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Google+ Followers

Mengenai Saya

Foto Saya

Kami Adalah Manusia Yang di Lahirkan Dalam Keadaan islam Dan mengharaf Ridha allah dan Syafa'at Rasulullah Saw, Di matikan Dalam Keadaan ISLAM, IMAN,DAN IHSAN.